rss
twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)
klik disini

Info mudik 2009

Minggu, 20 Sep '09
21:20 wib
H-1
Lebaran
halaman utama
peta kepadatan
peta kerawanan
berita
info kota
kontak kami
komentar anda
link
administrator
Selamat datang di web site kami

Direktorat Lalu Lintas Polda Jateng mempersembahkan salah satu bentuk layanan kepada mayarakat luas, untuk mendukung kelancaran perjalanan selama mudik Lebaran, Natal dan Tahun Baru.

Kami berikan info-info penunjang tentang jalur mudik di Jawa Tengah, sehingga pengguna jalan dapat lebih bijak dan waspada dalam merencanakan dan melakukan perjalanan. Kelancaran perjalanan penggunaan jalan adalah tugas kita semua. Mari kita bekerjasama!

Kata Pengantar

Pada saat mudik kepadatan arus lalu lintas di wilayah Jawa Tengah dipastikan meningkat. Meningkatnya arus lalu lintas tersebut terjadi karena adanya tradisi pulang kampung oleh umat muslim dan masyarakat lainnya untuk silahturahmi dan berkumpul dengan keluarga. Aktivitas seperti ini sudah menjadi tradisi setiap tahun bagi masyarakat yang berada di luar kampung halamannya.

Meningkatnya arus lalu lintas pada waktu mudik akan berdampak pada kerawanan lalu lintas. Kerawanan lalu lintas tersebut antara lain adalah kemacetan, kecelakaan lalu lintas, pelanggaran lalu lintas dan kriminalitas di jalan raya. Kerawanan tersebut dikarenakan wilayah Jawa Tengah merupakan trans Jawa dimana di wilayah inilah merupakan titik akhir atau tempat transit bagi perjalanan baik dari barat maupun dari timur. Selain itu wilayah Jawa Tengah juga merupakan titik lelah bagi para pengemudi yang melakukan perjalanan trans jawa. Oleh karena itu dihimbau kepada para pemudik agar lebih berhati hati dalam berlalu lintas, jaga diri anda dan keselamatan orang lain.

Web site ini dibuka dalam rangka membantu masyarakat luas untuk memperoleh informasi tentang situasi dan kondisi lalu lintas di wilayah Jawa Tengah. Gunakanlah dengan sebaik baiknya sehingga perjalanan anda menjadi nyaman. Dengan web site ini akan diperoleh informasi tentang situasi dan kondisi kerawanan lalu lintas untuk diantisipasi sehingga kamtibcarlantas akan terwujud pada saat mudik Lebaran, Natal dan Tahun Baru.
Teriringan harapan semoga web site ini dapat bermanfaat dan membantu perjalanan anda sekalian. Selamat jalan, semoga selamat sampai tujuan.

Kapolda Jateng
Drs. Alex Bambang Riatmojo, SH. MBA. PhD
Inspektur Jenderal Polisi

20 SEPTEMBER 2009
UPAYA PETUGAS POLRES PEMALANG SAAT MANGATUR ARUS LALU-LINTAS MENUJU OBYEK WISATA WIDURI
Kelengkapan sarana dan fasilitas wisata bahari Widuri menjadi daya tarik sendiri bagi warga khususnya warga Pemalang yang ingin pesiar bersama sanak saudaranya, terutama bagi masyarakat yang senang ... (lihat selengkapnya)


Situasi Jalur Terkini Situasi jalur terkini
Disajikan peta mudik jateng yang lengkap, interaktif dan terkini. Info detail tiap kota & ruas jalan akan membantu perjalanan anda.
Berita Mudik Berita mudik terkini
Dapatkan liputan dari petugas kami & dari media massa terpilih, untuk mendapatkan informasi yang benar tentang kejadian-kejadian selama mudik.
Info Kota Kenali kota yang anda singgahi
Info lengkap mengenai kota yang diinginkan, layanan-layanan yang menunjang dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam perjalanan.
Kontak Kami Silahkan kontak, kami siap bantu
Kami sediakan nomor-nomor jajaran kami di setiap kota.
Kami akan memberikan solusi atas permintaan anda.
Layanan Kami Apa yang telah kami siapkan
untuk anda
Anda dapat melihat kesiapan kami untuk mengamankan
perjalanan mudik anda.
Pesan Kamtibcar Lantas

Daerah Jawa Tengah sebagai sentra pertemuan arus Jawa Timur dan Jawa Barat maupun DKI Jakarta dengan kondisi geografis maupun sarana prasarana jalan yang relatif kurang mendukung terciptanya situasi Kamtibcar Lantas yang kondusif, merupakan permasalahan lalu lintas yang menjadi tanggung jawab kita bersama khususnya masyarakat pemakai jalan. Situasi tersebut dapat diatasi dengan berlalu lintas dengan baik. sebagai manusia yang beriman wajib untuk senantiasa melakukan kewajiban yang hakekatnya adalah segala perbuatan yang bermanfaat baik bagi dirinya maupun orang lain. Dalam hal ini berlalu lintas dengan baik adalah perwujudan dan berbuat kebajikan yang merupakan perbuatan ibadah.

Keamanan, ketertiban dan kelancaran dalam perjalan merupakan dambaan kita bersama. Untuk itu saya sebagai Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah berpesan :

  1. Sebelum berangkat, bepergian agar kendaraan dicek terlebih dahulu dengan baik dan benar (rem, air radiator, oli, pengapian dan peralatan lain), dan jangan lupa untuk membawa kelengkapan surat-surat (SIM, STNK, dll).
  2. Sebelum berangkat seyogyanya berdo'a terlebih dahulu, agar diberikan bimbingan dan keselamatn dari Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Mari kita wujudkan keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas dijalan dengan rasa ikhlas dan penuh kesadaran untuk memenuhi peraturan lalu lintas.
  4. Tanamkan rasa disiplin pribadi dalam berlalu lintas, sikap saling menghormati atau menghargai sesama pemakai jalan demi keselamatan bersama.
  5. Budayakan rasa malu untuk berbuat salah atau melanggar peraturan lalu lintas,
    INGAT !!! Pelanggaran adalah awal kecelakaan.

Demikian pesan Kamtibcar Lantas ini saya sampaikan dengan rasa tulus dan ikhlas, serta sebagai kewajiban bagi sesama manusia.
Semoga niat baik kita bersama akan diridhoi Tuhan Yang Maha Esa. Selamt Jalan semoga sampai tujuan dan salam hormat saya untuk keluarga dirumah, Terima Kasih.

Direktur Lalu Lintas Polda Jateng
Drs. Muhammad Zakhlin Leter, SH
Komisaris Besar Polisi
© Direktorat Lalu Lintas Polda Jateng, 2009